Share this article

Jepang terkenal dengan produk teh dan budaya minum tehnya. Tapi jangan salah, negeri Sakura ini juga punya kopi lokal yang tak kalah nikmat. Di era modern ini semakin banyak masyarakat Jepang yang suka minum kopi. Namun mayoritas kopi yang tersaji di Jepang adalah kopi yang diimpor dari berbagai negara penghasil kopi.

Kopi Jepang yang cocok untuk menemani teman nongkrong

Tak banyak yang tahu kalau Jepang sebenarnya juga punya kebun kopi. Lokasinya bukan di Shinjuku, Shibuya atau lokasi lain yang jauh dari pusat kota. Kebun kopi ini justru berada di Tokyo.

Kebun kopi ini berlokasi di Kepulauan Ogaswara yang dikenal juga dengan sebutan Kepulauan Bonin. Jaraknya sekitar 1.000 kilometer ke arah selatan Tokyo. Kebun kopi ini jadi satu-satunya penghasil kopi lokal khas Jepang.

 

Kalau penasaran dengan karakteristik rasa kopi ini tak perlu datang langsung ke kebunnya. Kopi Ogasawara bisa dicoba di Caffe Appassionato, kedai kopi yang berlokasi di seberang Stasiun Tokyo.

Kepulauan Ogasawara menjadi bagian wilayah Jepang pada tahun 1878. Kepulauan ini terbilang unik karena memiliki iklim yang berbeda dengan wilayah Jepang lainnya.

Di pulau ini iklimnya cenderung panas sehingga memungkinkan untuk ditanami tanaman tropis seperti kopi. Pulau ini punya sejarah panjang

Pulau Ogasawara sempat terisolasi selama Perang Dunia II namun setelah perang berakhir, para petani kembali lagi ke pulau ini dan mendapati pulau sudah tampak seperti hutan. Banyak tanaman kopi yang mati namun beberapa pohon yang selamat akhirnya dibudidayakan dan dikembangkan oleh para petani.

Kopi Jepang

Seperti halnya di Indonesia, kopi begitu tren di Jepang. Jika kamu berencana ke Jepang, pastikan kamu mampir ke kedai kopi yang menyajikan kopi specialty seperti berikut

Bluedoor Coffee

Membuka cabang keduanya pada akhir Maret 2019 di area Tama-plaza. Cabang ini lebih mudah diakses dibanding cabang orisinalnya, yang berada di distrik yang sama yaitu Jike Furasto Village.

Kafe orisinal berlokasi di area terpencil dan dikelilingi sawah. Namun banyak pelanggan datang ke sini karena pemandangannya yang indah dan juga karena kopi jepang yang ditawarkan.

Kedai kopi ini menyajikan 20 jenis biji kopi yang sudah disangrai. Jika kamu tidak mengerti tentang kopi, tak perlu khawatir. Pelayan akan membantu kamu memilih yang tepat berdasarkan kesukaanmu.

Biji kopi disangrai di kedai kopi cabang asli. Biji-biji ini dipanaskan dengan merata menggunakan Butagama (alat sangrai berbentuk gentong) untuk memperdalam rasanya.

Biji kopi memiliki nama yang unik seperti Tenku Blend dan Daichi Blend. Denen Blend dan Satoyama Blend adalah campuran asli dari Jika Furusato Village. Ini diwariskan ke pemilik yang sekarang, Yuta Someya, dari ayahnya.

Pelanggan tetap dari cabang asli kafe ini menyarankan untuk mencoba Ryokufu Blend seharga 500 yen. Ini adalah campuran spesial yang berisi biji kopi dari Ethiopia, Kolombia, dan Brazil. Rasanya memiliki keseimbangan yang baik antara asam, pahit, dan rasa yang kaya.  Kamu bisa memilih untuk membeli biji kopi di kedai ini sebagai suvenir.

Moku Coffee

Moku Coffee adalah kedai kopi yang mempunyai speciality kopi jepang. Kedai yang bertempatkan di Jakarta tepatnya di setiabudi memang berutujuan memangsa pasar perkantoran.

Namun tidak hanya anak muda tetapi banyak juga para remaja yang mencoba mampir dan menikmati unik nya kopi khas jepang dari moku ini.  Tidak kalah dengan kopi varian matcha pun menjadi signature dari kedai moku coffee.

kopi jepang

 

Share this article
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian