Share this article

Sebagian orang mengonsumsi kopi di pagi hari saat memulai beraktifitas sudah menjadi kebiasaan rutin.

Biasanya kopi hitam banyak dipilih karena cita rasa yang khas dan efek stimulan yang dapat membuat orang merasa berenergi, mata terasa cerah dan bersemangat untuk beraktivitas.

Manfaat yang sudah dikenal umum oleh banyak orang adalah kopi bisa membantu mata dan konsentrasi terjaga.

Meski, ada pula studi yang menyebutkan bahwa manfaat meminum secangkir kopi belum tentu hingga merangsang kreativitas.

Namun rupanya ada beberapa manfaat lain dari secangkir minuman yang berkafein ini bagi kesehatan. Salah satunya, kebiasaan minum kopi mampu mengurangi risiko diabetes.

Berikut beberapa manfaat minum kopi bagi Kesehatan :

1. Mencegah depresi

Manfaat kopi cegah depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa di dalam kopi hitam terkandung antidepresan yang mampu mencegah timbulnya depresi.

Selain itu, orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam juga lebih mungkin terhindar dari risiko bunuh diri akibat depresi bahkan kopi dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

 

2. Meningkatkan daya ingat dan mencegah penurunan fungsi otak

kopi meningkatkan fungsi otak

Kopi dapat meningkatkan daya ingat Anda. Mengonsumsi kopi hitam juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan Parkinson.

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit saraf yang paling banyak diderita di dunia, dan merupakan penyebab terbanyak demesia.

Kedua penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah, salah satunya dengan kopi. Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dan rutin, dapat menurunkan risiko munculnya Alzheimer hingga lebih dari 50 persen.

Minum kopi sebanyak empat gelas kecil per harinya, dapat pula menurunkan risiko munculnya penyakit Parkinson hingga lima kali lipat.

Kafein yang ada di kopi juga mampu membantu penderita parkinson dalam mengontrol pergerakan tubuh.

Beberapa penelitian juga menemukan adanya kaitan antara konsumsi kafein dalam jangka panjang dengan risiko terjadinya penyakit neurodegeneratif.

 

3. Menurunkan berat badan

mengonsumsi kopi menurunkan berat badan

Kafein yang terkandung di kopi akan memacu metabolisme tubuh sehingga akan membantu proses pembakaran lemak pada tubuh.

Selain meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh, kopi juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan membuat sinyal keotak untuk mengurangi nafsu makan.

 

4. Mencegah diabetes

mengonsumsi kopi menurunkan penyakit diabetes

Manfaat lain dari mengonsumsi kopi hitam adalah mengurangi risiko terkena diabetes. Pasalnya, kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Kopi disebutkan bisa mengurangi risiko Anda terkena diabetes. Manfaat ini bisa didapatkan oleh orang yang minum kopi sekitar lima gelas kecil perharinya.

 

5. Meningkatkan stamina

mengonsumsi kopi dapat meningkatkan stamina

Kafein akan membantu memecah lemak yang ada di dalam tubuh dan membuatnya digunakan untuk meningkatkan stamina saat berolahraga.

Sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga dan tidak ada salahnya Anda minum kopi hitam satu jam atau 30 menit sebelum berolahraga.

 

6. Mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk Kesehatan jantung

mengonsumsi kopi baik untuk kesehatan

Kopi tidak hanya mengandung kafein. Berbagai mineral dan vitamin, ternyata juga bisa Anda dapatkan dari minuman pahit ini.

Dalam satu gelas kopi, juga terkandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, dan magnesium. Dua gelas kecil kopi per hari, bisa menjadi resep untuk melindungi Anda dari gagal jantung.

Jika tidak diminum berlebihan, kopi bisa menurunkan risiko terjadinya gagal jantung hingga sekitar 10 persen.

Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi kopi hingga 6 gelas atau lebih per hari, justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Risiko tersebut dibandingkan dengan orang yang hanya minum 1-2 gelas kopi per harinya. Antioksidan yang banyak terdapat dalam segelas kopi hitam, bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Bahkan, antioksidan dalam kopi, tidak kalah dari antioksidan yang terdapat di buah dan sayuran.

 

7. Menurunkan risiko stroke

kopi mencegah stroke

Penelitian menunjukkan kopi dapat menurunkan risiko stroke. Penelitian dilakukan dengan menunjukkan bahwa minum antara 2-4 cangkir kopi per hari dapat menurnkan risiko stroke.

Kopi mengubah fisiologi pembuluh darah dan aliran darah dengan cara yang dapat membantu mencegah hipertensi. Selain itu, efek kopi dapat mengurangi kemungkinan adanya pembekuan darah yang berbahaya.

 

8. Melindungi organ hati dan Menekan risiko kanker hati

mengonsumsi kopi menjaga fungsi hati

Rutin minum kopi sebanyak empat gelas per hari dapat menurunkan risiko terjadinya sirosis hati hingga 80 persen.

Sirosis adalah kondisi dimana terbentuknya jaringan parut akibat kerusakan organ hati yang disebabkan oleh adanya berbagai gangguan hati yang lain, seperti hepatitis dan perlemakan hati.

Salah satu manfaat minum kopi yang bisa Anda dapatkan adalah menurunkan risko kanker hati, hingga 40 persen.

Bahkan, minum kopi sebanyak tiga gelas per harinya dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 50 persen.

Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Perlu diingat juga bahwa jumlah kopi yang diminum, jenis, serta kondisi tubuh, juga berpengaruh pada naik atau turunnya risiko kanker Anda.

mengonsumsi kopi sangat lah bermanfaat

Nah sekarang sudah tau kan manfaat dari meminum kopi. Pada dasarnya apabila kopi dinikmati dengan sewajarnya akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh namun apabila terlalu berlebebihan itu akan menjadi kebalikan yang berdampak tidak baik bagi tubuh. 

Mulai sekarang mari jalani harimu dalam beraktifitas dengan ditemani kopi. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan ini dari si biji hitam yang menemani hari – hari mu!

Share this article
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian