Share this article

Menikmati kopi merupakan hal yang biasa dilakukan hampir di seluruh negara. Kopi mempunyai banyak manfaat seperti sebagai minuman penahan kantuk, meningkatkan stamina, menambah energi, menurunkan resiko diabetes serta mencegah demensia dan alzheimer.

Dengan tersebarnya kopi keseluruh penjuru dunia maka komoditas dan pecinta kopi pun semakin tumbuh besar. Persebaran kopi pun sudah terjadi dalam ratusan tahun lama nya.

Yang menarik dari kopi adalah beda negara, pasti akan beda pula penyajian nya. Kopi seakan sudah menjadi budaya bagi masing – masing setiap negara.

Berikut beberapa cara penyajian dan menikmati kopi di berbagai penjuru dunia :

 

1. Amerika

Americano Coffee

Negara Amerika menikmati dan menyajikan kopi dengan istilah americano. Kopi americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, kemudian ditambahkan air panas di atasnya.Americano biasanya nyaris tak meninggalkan krema di permukaan cangkir.

Hal tersebut dikarenakan espresso yang diguyur air panas sehingga memecah krema yang ada pada espresso.Americano ini biasa nya mudah ditemui dibeberapa kafe besar di Indonesia seperti di Starbucks, Djournal Coffee, dan Excelso.

 

2. Turki

Kopi Turki

Cara menikmati kopi dari Turki ini disajikan pada ceret berbentu unik bernama cezve. Orang Turki lebih menyukai cita rasa kopi yang kuat dan intens.

Cara menyeduhnya biji kopi yang telah digiling halus hingga menjadi bubuk kemudian direbus bersama air di dalam panci besi berukuran besar.

Dengan cita rasa yang begitu kuat, kopi ala Turki ini memang disajikan untuk dinikmati secara perlahan-lahan sambil memakan cemilan yang manis seperti baklava 

 

3. Vietnam

Vietnam Drip

Vietnam terkenal cara penyajian kopi nya yang disebut “Vietnam Drip”. Vietnamese Drip menggunakan dark roast coffee dan campuran susu kental manis sebagai penyeimbang rasa pahitnya.

Proses nya susu kental manis dituang digelas kemudian kopi dengan alat dripper kopi dibiarkan menetes hingga sudah tidak terjadi tetesan pada gelas.

Ada keunikan tersendiri menunggu tetesan tersebut berakhir dan kemudian menikmati nya. Tentunya dibutuhkan kesabaran sedikit dalam menikmati kopi ala Vietnam ini.

 

4. Italia

Capuccino

Italia menjadi negara yang sudah identik dengan kopi. Hampir sajian dari negeri pizza ini menikmati dan suka penyajian khas ala Italia.

Beberapa yang terkenal adalah espresso, latte dan capuccino. Latte dan cappuccino hampir sama pengolahannya yaitu campuran espresso dan susu.Yang membedakan adalah rasio penggunaan antara kopi dan susu.

Namun di Italia sendiri Espresso sudah menjadi sajian wajib pada pagi hari sebelum beraktifias.Kopi espresso adalah kopi yang diseduh dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi ke bubuk kopi.

Espresso Coffee

Disajikan hanya secangkir kecil kira-kira 30-45 ml dengan ciri khas crema pada permukaannya.Espresso ini pahit dan cocok menghilangkan kantuk di pagi hari.

 

5. Korea Selatan

Dalgona Coffee

Korea Selatan menyajikan dan menikmati kopi dengan cara unik yang disebut dalgona. Dalgona sendiri sekarang sedang popular dikalangan pecinta kopi maupun yang baru coba – coba di Indonesia.

Dalgona adalah gabungan dari kopi instan, gula, dan air panas yang diaduk secara cepat lalu disajikan di atas krim susu.

 

6. Jepang

Kori Kohi

Untuk kalangan para penikmat kopi, Jepang juga mempuyai sajian kopi yang dinamakan Kori Kohi. Kori Kohi sendiri merupakan salah satu minuman kopi khas Jepang yang penyajiannya tak kalah unik dari dalgona.

Bedanya, Kori Kohi menggunakan campuran susu hangat dengan sedikit gula cair. Spesialnya lagi, Kori Kohi ini menggunakan kopi yang sudah dibekukan terlebih dahulu hingga berbentuk es batu.

 

7. Thailand

thailand coffee

Thailand punya cara penyajian kopi secara tradisional, yakni dengan cara memanggang biji kopi dalam wajan di atas arang.

Mereka kemudian menambahkan biji jagung dan biji asam, atau kombinasi biji lainnya termasuk kapulaga dan kedelai.

Kemudian dipanggang lagi dengan menambahkan gula dan mentega dibiarkan sampai menjadi karamel dan kopi pun siap disajikan di atas es atau panas untuk menikmati nya.

 

8. Yunani

Frappe Coffee

Diciptakan oleh perwakilan salah satu produk kopi pada tahun 1957, frappé adalah minuman musim panas yang populer di Yunani. Minuman ini terdiri dari es kopi instan yang bercampur busa susu.

Frappe ini sudah populer dan mudah di temui di berbagai kafe, dan tentunya orang – orang sangat menikmati cita rasa yang satu ini.

 

9. Finlandia

Finlandia Coffee Cheese

Di Finlandia, orang menikmati kopi dengan cara menuangkan kopi panas di atas potongan juustoleipä (keju yang dibuat dengan menggunakan susu sapi atau susu rusa).

Hal ini memang terdengar sedikit aneh bagi kita ya, tapi orang di sana memang menggemari perpaduan antara kopi dan keju.

 

10. Perancis

French press Coffee

Salah satu penyajian yang umum ditemukan di berbagai kafe adalah French press. French press adalah alat terdiri dari sebuah tabung silinder, biasanya terbuat dari kaca atau plastik bening, dilengkapi dengan logam atau tutup plastik dan plunger yang ukurannya pas dengan ukuran dalam silinder dan disertai kawat atau nilon mesh filter yang kokoh.

Dalam penggunaanya french press menghilangkan ampas kopi dengan teknik penekanan melalui tutupnya.Jadi, dengan menggunakan alat ini kita dapat menikmati kopi tanpa gangguan ampas sama sekali.

Cara ini cukup sederhana dan dapat dilakukan dirumah sekalipun tanpa berbekal kemampuan layak nya barista.

 

Share this article
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian