Share this article

Teknologi Machine Roasting yang perlu di ketahui !

Teknologi Sangrai ( roasting ) biji kopi kian berevolusi yang dari semula hanya menggunakan alat sangrai sederhana, seperti wajan atau penggorengan terbuat dari gerabah atau tembikar (tanah liat ) dan besi, hingga saat ini menggunakan mesin sangrai kopi atau umum disebut sebagai mesin sangrai kopi ( coffee roasting machine ) modern full otomatis dengan teknologi komputerisasi.

Dengan adanya teknologi sangrai akan mempunyai dampak yang sangat besar dalam produksi kopi di Indonesia, di karenakan semakin ada nya teknologi semakin cepat pula proses produksi yang dihasilkan oleh mesin sangrai dengan menggunakan teknologi.

Dimana mesin roasting pun juga mempunyai variasi harga yang ditentukan oleh kapasitas pengolahan. Semakin besar kapasitas pengolahan machine roasting semakin mahal juga harganya. Peran penting dalam teknologi machine roasting juga sangat berpengaruh dalam tingkatan harga, semakin tinggi tingkat teknologi nya semakin mahal juga harganya sebaliknya semakin rendah tingkat teknologi nya semakin murah juga harganya. Jadi untuk para pembaca kalian ingin membeli maching roasting harus mengenal dengan teknologi machine roasting dan juga kapasitas pengolahan machine roastingnya.

Pasti bingungkan dengan penjabaran yang mimin jelaskan diatas. Baik mimin akan memberikan ilustrasi kepada pembaca

Contohnya mesin A mempunyai kapasitas pengolahan dalam perjam itu bisa dapat melakukan proses sangrai coffee bean 15kg, mesin B mempunyai kapasitas pengolahan dalam perjam itu bisa dapat melakukan pengolahan sangrai berkapisatas 5kg/jam, tetapi teknologi yang di miliki oleh mesin A dan B juga mempunyai teknoilogi sama tetapi bedanya di kapisatas pengolahannya.

Jadi kesimpulan dari ilustrasi tersebut dapat dijelaskan bahwa mesin A mempunyai harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan mesin B di karenakan kapasitasi pengolahannya juga berbeda tetapi teknologi yang di miliki sama.

Komponen-komponen dalam Roasting Coffee

Dengan penjelasan diatas pasti para pembaca juga ingin mengenal komponen-komponen machine roasting kan?

Disini akan mimin jelaskan bagian komponen-komponen maching roasting yang mempunyai teknologi dengan sistem komputerisasi. Berikut berbagai komponen umum mesin roasting modern yang banyak di gunakan saat ini beserta fungsinya

  1. Hopper atau inlet hopper merupakan berbentuk corong yang berfungsi untuk memasukkan green bean ke drum roaster. DI bagian bawah hopper terdapat tuas yang dapat di buka tutup yang menghubungkan hopper dengan drum roaster. Pada saat tuas dibuka, green beans akan masuk ke dalam drum roaster.
    Machine roasting

    machine roasting

     

  2. Drum Roaster merupakan komponen utama dalam mesin roasting, yakni tabung atau green bean di sangrai. Di bagian bawah drum roaster terdapat tuas yang dapat dibuka tutup yang berfungsi untuk mengeluarkan roasted coffee bean setelah selesai di sangrai. Drum roaster pada umumnya dilengkapi dengan jendela yang terbuat dari kaca tahan panas yang mempunyai fungsi untuk memudahkan pengguna untuk melihat perubahan warna green bean selama proses penyangraian. Drum roaster juga dilengkapi dengan alat pengambil sampel green bean yang disangrai, dimana pengambilan sampel green beans tersebut untuk melihat tingkat kematangan pada green bean dan tingkat warna green bean juga sangat perlu diperhatikan

 

Machine Roasting

Drum roaster

3. Indikator suhu

Secara umum terdapat  dua jenis indikator suhu di dalam mesin roasting, yaitu indikator suhu drum dan indikator suhu biji kopi. Angka pembaca suhu nya juga bisa berupa digital maupun analog. Indikator suhu akan dijelaskan sebagai berikut

  • Indikator suhu drum dimana posisi nya berada di bagian atas maupun berdekatan dengan exhaust, yang mempunyai fungsi untuk membaca suhu udara yang terhisap keluar
  • Indikator suhu biji kopi sesuai dengan nama nya, indikator suhu biji kopi mempunyai fungsi untuk mengetahui suhu biji kopi yang sedang disangrai
Machine Roasting

Temperatur

  1. Cooling bin

Dimana cooling bin mempunyai fungsi untuk mendinginkan roasted bean setelah selesai disangrai atau wadah pendingin roasted bean. Cooling bin mempunyai bentuk yang bulat dan di bawah nya ada lubang lubang. Bagian bawah cooling bin yang di lengkapi oleh kipas untuk menghisap udara panas dari roasted bean yang sedang di dinginkan. Cooling bin mempunyai agitator berupa bilah-bilah besi yang dapat berputar yang mempunyai fungsi untuk meratakan roasted bean yang sedang di dinginkan, sehingga proses pendinginan roasted bean pun merata.

Machine Roasting

Cooling bin

 

  1. Pengapian

Pengapian ini sangatlah berpengaruh di dalam proses sangrai green bean dan merupakan sumber panas untuk menyangrai greean bean. Pengapian ini mempunyai beberapa jenis tipe pengapian pada mesin roasting, yaitu direct drum roaster, ceramic burner, infrared, hingga menggunakan listrik.

 

  1. Tombol power

Fungsi tombol power adalah untuk mengaktifkan panel kontrol dalam mesin roasting. Tombol power juga mempunyai peranan penting dalam roasting machine dikarenakan kalua tidak ada tombol power, roasting machine pun tidak bisa beroperasi.

 

  1. Panel kontrol

Panel kontrol merupakan suatu peranan penting juga di dalam machine roasting dikarenakan panel kontrol mempunyai fungsi untuk mengoperasikan mesin untuk pemutar drum, tombol speed drum, tombol untuk mengaktifkan agitator, tombol blower air flow, serta tombol blower pendingin dan indikator suhu juga berada di bagian panel kontrol juga .

Machine roasting

Kontrol Panel

 

  1. Air flow

Air flow juga mempunyai fungsi untuk mengatur udara panas yang ada di dalam drum roaster dan iuntuk mengeluarkan atau membuang kulit ari yang terkelupas dari green bean ke cyclone. Di dalam air flow juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk membantu mengontrol suhu yang ada di dalam drum.

 

  1. Ventilasi (Exhaust)

Para pembaca pasti sudah membayangkan fungsi ventilasi di dalam kehidupan kita, dimana ventilasi mempunyai fungsi untuk sirkulasi udara di dalam ruangan begitu juga dengan machine roasting, machine roasting juga mempunyai ventilasi di dalam mesin nya yang mempunyai fungsi untuk sirkulasi udara selama proses roasting. Ventilasi dapat di buka tutup dengan menggunakan tuas.

 

  1. Cyclone

Cyclone mempunyai fungsi untuk mengumpulkan kotoran yang terisap selama proses roasting seperti kulit ari green bean. Dimana kulit ari green bean harus lah di buang dikarekan tidak mempunyai manfaat yang significant.

Setiap roasting machine mempunyai variasi harga yang dapat di tentukan dengan fitur teknologi yang di suguhkan dan dapat juga ditentukan dengan kapasitas pengolahan si machine roasting tersebut. Untuk mengetahui harga-harga machine roasting dapat di lihat disini.

Setelah para pembaca sudah membaca artikel ini, pasti para pembaca bertanya tingkat kematangan kopi seperti apa. Untuk melengkapi artikel ini ada baiknya anda silahkan membaca artikel tentang ” Tingkat kematangan kopi dan karakteristik kopi“. Di artikel ini akan membantu anda setelah membaca teknologi sangrai kopi .

Semoga bermanfaat bagi para pembaca ! Salam #Madeformoments

Share this article
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian